RSS

Pria Lebih Sering Mimpi Basah di Akhir Pekan

21 Feb

idak seperti menstruasi pada perempuan, mimpi basah pada laki-laki lebih sulit diprediksi kedatangannya. Namun diyakini, mimpi erotis yang diakhiri dengan ejakulasi tersebut lebih sering dialami pria pada akhir pekan.

Seperti mimpi pada umumnya, mimpi basah (wet dream) terjadi pada fase tidur yang dinamakan rapid eye movement (REM). Fase ini ditandai dengan gerakan bola mata yang cepat di balik kelopak mata yang menutup serta ritme jantung dan pernapasan yang tidak teratur.

Pada hari-hari biasa, fase REM dapat terjadi rata-rata 3-4 kali selama tidur malam. Semakin lama dan nyenyak tidurnya, semakin sering mengalami fase REM sehingga peluang terjadinya mimpi yang seolah nyata (vivid dream) menjadi lebih besar.

Akhir pekan dan hari libur merupakan waktu istirahat bagi kebanyakan laki-laki, sehingga bisa tidur lebih lama dibandingkan pada hari-hari biasa. Karena durasi tidurnya lebih lama, ada lebih banyak peluang untuk bermimpi dan ada kemungkinan satu di antaranya adalah mimpi basah.

Dikutip dari BBC, Selasa (4/1/2011), yang membedakan mimpi basah dengan mimpi yang lain adalah terjadinya ejakulasi pada alat kelamin laki-laki. Selain itu, mimpi basah umumnya berupa mimpi erotis yang memicu rangsang seksual pada laki-laki yang mengalaminya.

Meski umumnya jorok, seorang laki-laki tidak perlu merasa bersalah dengan isi mimpinya sebab tak seorangpun bisa mengontrol hal itu. Mimpi basah merupakan hal yang normal dan alamiah pada laki-laki terutama yang belum aktif secara seksual dan tidak punya kebiasaan melakukan masturbasi.

Fakta lain yang perlu diketahui adalah mimpi basah rata-rata terjadi setiap 3 pekan, dengan catatan laki-laki tersebut tidak melakukan aktivitas seksual apapun termasuk intercourse dan masturbasi. Mimpi basah merupakan mekanisme biologis untuk mengeluarkan sperma yang matang namun tidak digunakan.

Menariknya, sebagian besar laki-laki yang memasuki masa puber sudah lebih dulu mengenal masturbasi sebelum mengalami mimpi basah. Penelitian menunjukkan hanya 13 persen laki-laki yang mendapatkan ejakulasi pertamanya lewat mimpi basah, selebihnya lewat masturbasi.

 
Leave a comment

Posted by on 21 February 2011 in Bebas

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: