RSS

Ponsel Tak Ganggu Navigasi Pesawat

07 Feb

 

Sebelum pesawat lepas landas, setiap penumpang diminta untuk mematikan semua perangkat elektronik yang memancarkan sinyal, seperti telepon selular. Alasannya, perangkat elektronik portabel itu berpotensi menimbulkan gangguan elektromagnetik pada navigasi pesawat.

Tapi hingga kini belum jelas apakah ada bukti apakah interferensi elektromagnetik itu bisa mengacaukan navigasi pesawat. Mari kita telusuri sejarah pelarangan penggunaan ponsel di dalam pesawat.

Adalah Federal Communications Commission (FCC) dan Federal Aviation Administration (FAA) yang pertama kali menerapkan aturan untuk mematikan segala perangkat yang memancarkan sinyal ketika pesawat sedang terbang di angkasa. Kebijakan itu lahir pada awal 1990-an dan tanpa disertai bukti ada gadget yang pernah mengakibatkan kecelakaan pesawat.

Pada 2006, FAA memutuskan untuk melakukan studi guna meninjau kembali apakah benar perangkat elektronik sebenarnya mengganggu sistem komputer pesawat. Hasilnya, tidak ada yang berhasil membuktikan asumsi tersebut.

Lantaran tak ada bukti nyata bahwa ponsel mengganggu penerbangan, Inflight Passenger Communications Coalition (IPCC) membolehkan penggunaan ponsel pada 139 penerbangan yang dilakukan ke berbagai negara. Dari situ tercatat lebih dari tujuh juta panggilan dilakukan penumpang di dalam pesawat. Tapi tidak ada laporan sistem navigasi kacau dan pesawat yang bertabrakan. Semua baik-baik saja.

tempointeraktif.com

 
Leave a comment

Posted by on 7 February 2011 in Bebas, Pria, Suka-Suka

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: