RSS

SpongeBob SquarePants is Gay??

27 Jan

Dewa Neptunus, dalam mitologi Romawi, adalah dewa air dan laut. Ia danggap serupa dengan dewa Poseidon, dalam mitologi Yunani, yaitu dewa penguasa laut, sungai, dan danau. Ada dua kuil di Roma yang ditujukan untuk memuja neptunus, yakni di dekat Circus Flaminius dan Basilica Neptuni, dibangun di Campus Martius.

Lalu, apa hubungannya Neptunus dengan SpongeBob SquarePants, sebuah serial film kartun produksi Nickelodeon? Serial kartun ini diciptakan Stephen Hillenburg, animator sekaligus ahli biologi laut. Pertama kali ditayangkan pada 1999 di AS dan diterbitkan oleh perusahaan Hillenberg, United Plankton Pictures Inc. Dalam serial yang ditampilkan global tv, sebelumnya tayang di Lativi, kita kadang mendapati karakter-karakter di serial tersebut menyebut Dewa Neptunus, seperti nyonya Puff yang sering mengatakan “Demi Neptunus!” Spongbob pun mengucapkan kata “Demi Neptunus!” untuk menggantikan seruan “Ya Tuhan!”/”Oh, God!” di beberapa edisi–saya tidak ingat judul-judulnya, karena tidak pernah memperhatikan judul.

Dewa Neptunus sendiri muncul di beberapa episode dan berinteraksi dengan masyarakat Bikini Bottom. Bikini Bottom adalah sebuah kota di bawah laut tempat Spongebob dan kawan-kawan tinggal. Stephen Hillenburg pernah berkata bahawa Bikini Bottom direka lebih kurang berdasarkan kota Seattle, kota terbesar di wilayah Timur Laut Pasifik AS, terletak di negara bagian Washington, 180 km di sebelah selatan perbatasan AS-Kanada. Seattle juga dikenal mempunyai reputasi akan konsumsi kopinya yang tinggi. Bagi masyarakat Bikini Buttom, kehadiran Dewa Neptunus itu mungkin terasa wajar-wajar saja. Namun, bagi penonton Indonesia, seruan itu mungkin tidak sesuai dengan kepercayaan agama yang ada. Lebih lagi, jika penonton serial tersebut kalangan anak-anak. Karena itu, ada baiknya orangtua menjelaskan istilah-istilah yang muncul dalam film tersebut agar anak kita memahami sesuai konteks, tidak serta merta menyerap tanpa pengetahuan.

Neptunus adalah dewa air dan laut pada mitologi Romawi, saudara kandung Yupiter dan Pluto. Menurut Wikipedia, ia serupa, tetapi tidak sama dengan dewa Poseidon dari Mitologi Yunani. Poseidon, adalah dewa penguasa laut, sungai, dan danau. Ia memiliki senjata berupa trisula yang bisa menyebabkan banjir dan gempa bumi. senjata ini juga dimiliki Neptunus dalam serial SpongBob. Poseidon juga memiliki kendaraan yang ditarik oleh hippokampos (makhluk setengah kuda setengah ikan). Poseidon beristrikan Amfitrit dan memiliki anak bernama Triton. Poseidon sudah dipuja di Pylos dan Thebes sejak zaman perunggu Yunani sebagai saudara Zeus dan Hades.

Lepas dari faktor kehadiran Dewa Neptunus dalam SpongeBob, bagi saya serial itu merupakan kartun cerdas. Tema-tema yang disajikan kadang berupa kritik sosial. Karakter yang dibuat Hillenburg pun tampil kuat dengan kebiasaan dan jalan pikiran masing-masing. Mungkin kreator ingin menampilkan kritiknya pada dunia orang dewasa yang kadang munafik, seringkali dibawakan oleh Squidward yang merasa cerdas dan berkelas. “Kecerdasan” Squidward ditampilkan lewat tanda-tanda yang khas; kepala besar (tapi sering berpikir njlimet) , suka jazz (tapi sering gagal memainkan klarinet), suka seni (tapi narsis), benci pada rutinitas (tapi tidak bisa keluar dari rutinitas), dll. yang pada intinya menampilkan kontradiksi. Kadang saya juga menangkap kesan masih adanya “pertarungan” dua ideologi besar dunia, kapitalisme vs komunisme.

Dan, tampaknya hanya Spongebob dan patrick yang bisa keluar dari lingkaran itu lewat perilaku mereka yang menerabas batas kenormalan. Mr Krabs adalah sisi keserakahan kapitalisme, sedangkan Squidward menjadi simbol buruh yang membenci pemilik modal, namun selalu gagal memberi perlawanan. Saya juga sering mengasosiasikan Mr. Crab ini dengan Ray Kroc, pengusaha yang membeli McDonald’s Corporation pada tahun 1955, dan menjadikannya sebagai restoran cepat saji terbesar di dunia.

Selain hal-hal cerdas itu, kita juga bisa menangkap beberapa hal konyol (atau sebetulnya simbol-simbol yang memiliki makna?) dalam film kartun populer itu.

Fakta konyol:
1. Patrick Stars tidak punya hidung

2. Di kamar mandi spongebob ada shower, padahal dirinya ada di dalam air

3. Squidward tidak pakai celana

4. Tuan krab (kepiting) memiliki anak ikan paus

5. Semua makhluk laut tidak bisa berenang, karena selalu menyentuh dasar laut

6. Gerry, siput peliharaan spongebob bersuara layaknya kucing

7. Ubur-ubur dianggap seperti lebah, mempunyai sarang dan jelly (madu)

8. Semua ikan bisa berjalan dengan berdiri

9. Rumah spongebob terbuat dari nanas dan tak pernah membusuk

10. Rumah squidward menyerupai patung yang ada di pulau paskah

12. Sandy (tupai) memakai kostum saat di dalam laut, tapi kostumnya lebih mirip astronot

13. Di dalam air bisa nonton TV

14. Spongebob tidak pernah lulus sekolah menyetir

15. Plankton bisa dilihat dengan mata telanjang, padahal sebenarnya harus memakai mikroskop

16. Semua kapal boat mempunyai roda

17. Ada laut di dalam laut

Dalam setiap serial biasanya ada banyak bertebaran kata “bijak,” atau sebenarnya humor bijak. Kita bisa menangkapnya secara langsung lewat kata-kata mereka, atau menangkapnya dalam jalinan cerita.
Kata2 bijak:

Tuan Krab ketika membuka gerai Krusty Krab rahasia di rumah Spongebob: “Apa yang tidak membunuhmu, biasanya menjadi sukses dikesempatan kedua”.

Tuan Krab berkata ketika episode gelembung sahabat: “Uang selalu benar”

Ketika Patrick menjadi pintar karena salah memilih kepalanya yg terlepas: “Pengetahuan tidak dapat menggantikan persahabatan.”

Ketika spongebob bertanya pada patrick ketika mau berangkat sekolah
Spongebob: “Apa yg biasanya kau lakukan saat aku pergi? Patrick menjawab, “Menunggumu kembali…”

Saat spongebob menjadi kaya dan melupakan Patrick juga teman-teman yang lain, Spongebob memohon kepada Patrick, dan Patrick berkata: “Kalau uang bisa membuatku melupakan sahabat terbaikku, maka aku lebih memilih untuk tidak punya uang sama sekali.”
Apakah SpongBob Gay?

Nah, ini satu lagi yang mungkin membuat penasaran beberapa orang. Saya pernah dibisiki seorang teman bahwa film tersebut membawa “pesan-pesan” gay. Entah di bagian mana. Mungkin, dengan kentalnya persahabatan Patrick dan Spongbob, kita bisa menangkap pesan itu. Spongbob sendiri, seingat saya, tidak pernah memiliki pacar. Usaha kencan dengan perempuan terjadi dalam salah satu episode namun hanya sebagai pelaksanaan perintah Krabs. SpongBob diperintah Mr. Crab untuk jadi teman kencan anaknya Crab, namun gagal. Demikian juga dengan Patrick yang sepertinya tidak memiliki ketertarikan dengan perempuan.

Mungkin, kentalnya persahabatan kedua tokoh itu lebih pada usaha mengajarkan arti persahabatan pada anak-anak.

SpongeBob, spon penyerap, kuning, dan berlubang ini, bekerja sebagai juru masak di Krusty Krab, sebuah restoran makanan cepat saji, dimana Squidward juga bekerja sebagai kasir. Krusty Krab dimiliki Eugene H. Krabs (Mr. Krabs). Sheldon J. Plankton adalah musuh bebuyutan Krabs yang memiliki sebuah restoran makanan cepat saji bertaraf rendah bernama The Chum Bucket yang terletak berhadapan Krusty Krab. The Chum Bucket seolah-olah tidak pernah dikunjungi pelanggan, dan Plankton meluangkan kebanyakan waktunya untuk merancang peralatan untuk mencuri resep burger Krabby Patty milik Mr. Krabs. Plankton hanya berhasil mencuri resep itu dalam The Spongebob Squarepants Movie; formulanya tidak pernah diperlihatkan kepada penonton. Istri komputer Plankton, Karen, kadang-kala membantunya dalam rancangan jahatnya atau bertengkar dengannya.

 
Leave a comment

Posted by on 27 January 2011 in Seru

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: