RSS

Ryan, Soeharto & Hantu

27 Jan

Seperti biasa pagi ini saya awali dengan membuka kompas via Net, saya mencoba dengan membaca yang ringan-ringan saja dengan judul berita yang sedikit membuat penasaran buat di baca terlebih dahulu. Sudah sekian waktu berita yang mengemparkan di seluruh dunia adalah kisah seorang Gay yang terlahir di Jombang Jawa Timur dengan reputasi yang tidak tanggung-tanggung Ryan si Penjaggal berdarah dingin, walau berawal dari kisah yang amat mengerikan namun di pagi ini saya mendapatkan berita yang cukup mengelitik dari seoarng Ryan akan melangsungkan pernikahanya di dalam Rutan Kesambi Cirebon dengan seorang wanita pujannya.Sedikit saya sunting dari kompas pagi ini.

Masih ingat Very Idham Henyaksyah alias Ryan (32)? Pria penyuka sesama jenis terpidana mati kasus mutilasi dan pembunuhan berantai asal Jombang, Jawa Timur, itu akan menikahi seorang wanita, Ely Winarya (27), pada Senin (18/10/2010). Ryan pun ingin segera memberikan cucu kepada ibunya, Kasiyatun.

Ryan cerita blakblakan alasannya akan menyunting cewek yang dikenalnya saat sama-sama menjadi tersangka dan ditahan di Mapolda Metro Jaya tiga tahun lalu ini. Ely saat itu menjadi tersangka kasus narkoba dan kini telah bebas setelah menjalani masa hukuman.

Menurut Ryan, karena seringnya bertemu, akhirnya muncul rasa cinta di antara dirinya dan Ely. “Awalnya aku menolak. Alasannya aku ini kan seorang gay dan pembunuh. Tapi, dia tetep mau sama aku. Ya, akhirnya aku terima. Apa salahnya aku coba,” ujar Ryan.Ryan mengaku, keputusannya menikahi Ely setelah dia menyadari tentang hukuman mati yang akan dijalaninya kelak. Selain itu, ibunya, Kasiyatun ingin segera menimang cucu.”Usia ibu sudah tua. Dia bilang ke aku kapan aku hidup normal, menikah, dan memiliki anak. Karena berangkat dari keinginan ibu itulah akhirnya aku menerima cinta Ely,” katanya.Untuk rencana pernikahan, Ryan dan Ely menetapkan tanggal pernikahan mereka pada Senin (18/10/2010) besok. Pernikahan akan dilangsungkan di LP Kelas I Kesambi, Cirebon.

Siapa yang tidak merinding bulu kuduknya kala itu mendengar nama Ryan di sebutkan terbukti membunuh 11 orang. Korbannya mulai dari anak-anak, wanita, hingga lelaki teman kencannya. Namun di pagi ini kengerian tersebut terasa hilang di terpa angin, sang penjagal akan meminang wanita pujaanya untuk secepatnya memberikan cucu buat Ibunya.

Cerita lain sang penjagal, cerita lain sang Pahlawan yang dalam waktu dekat ini akan di sematkan kepada tokoh-tokoh yang telah berjasa untuk bangsa ini. Soeharto presiden ke 2 RI salah satu nama calon yang akan mendapatkan gelar Pahlawan, saya akan sedikit kutip dari pernyataan dari Mas Fadjroel Rachman kompas pagi ini,

mantan Presiden kedua RI (alm) H.M Soeharto dikritik. Soeharto dinilai tak pantas dijadikan pahlawan nasional mengingat segala pelanggaran hak asasi manusia serta kasus korupsi selama 32 tahun kepemimpinannya.

“Gelar itu menghina akal sehat dan hati nurani,” lontar Fadjroel Rachman, Ketua Lembaga Pengkajian Demokrasi dan Negara Kesejahteraan, ketika dihubungi Kompas.com, Minggu (17/10/2010) saat diminta tanggapan masuknya nama Soeharto dalam daftra nama yang lolos syarat administrasi. Nama-nama itu akan diusulkan ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk mendapat gelar pahlawan nasional.

Fadroel mengatakan, tak layaknya Soeharto menjadi pahlawan nasional lantaran penetapan Soeharto sebagai koruptor nomor satu dunia berdasarkan program Global Stolen Asset Recovery Initiative di Markas Besar PBB, New York pada 17 September 2005 . Saat itu, kata dia, Soeharto menduduki nomor satu pimpinan terkorup di dunia dengan harta senilai 15-35 miliar dollar AS. Urutan kedua yakni Ferdinand E Marcos (Filipina) dan terakhir Josep Estrada (Filipina).

Selain itu, lanjut dia, Soeharto terlibat pelanggaran HAM dalam berbagai kasus selama kepemimpinannya. “Dari tahun 1965 sampai kasus Trisakti terjadi pelanggaran HAM berat secara sistematis dan terencana. Penopang orde baru adalah kasus korupsi dan kejahatan HAM. Di dua titik itu Soeharto bertanggungjawab. Karena itu tidak pantas jadi pahlawan nasional,” tegas dia.

Tentunya gelar Pahlawan ini jika berhasil Soeharto dapatkan maka akan selesai sudah kisah soeharto di negeri ini untuk dapat di buktikan akan keterlibatannya dalam perisatiwa-peristiwa besar di negeri ini, G 30 S PKI yang belum menuai titik terang siapa dalang atas peristiwa tersebut yang pada waktunya telah memakan korban ratusan hingga ribuan nyawa tidak berdosa rakyat indonesia. Cerita soeharto tentu tidak akan ada habis-habisnya unutk di ceritakan sebuah kisah kepemimpinan terlama di negeri ini 30 Th memimpin dengan kediktatorannya.

Dan yang ketiga adalah berita yang menghebohkan di wilayah Sungai Laur,Pontianak terekamnya hantu oleh kamera, dari alur ceritanya dapat singkat sebagai berikut:

Penampakan makhluk halus berpakaian putih dengan rambut panjang, terlihat jelas dalam sebuah foto yang diambil M Fahmi, sopir ambulans Puskesmas Aur Kuning, Kecamatan Sungai Laur, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.Rahman menuturkan, awalnya dia tidak percaya soal penampakan foto itu. Tapi sosok mahkluk halus berambut panjang menyerupai seorang perempuan tersebut tampak sangat jelas.
“Aku dapat foto ini langsung dari M Fahmi. Waktu sama-sama dengan Bapak Bupati Henrikus, awal bulan ini saat kunjungan kerja ke sana. Dia tunjukkan foto itu, eh, langsung merinding bulu kuduk kami semua,” tutur Rahman.
Informasi yang dia peroleh dari Fahmi, foto ini dijepret menggunakan kamera handphone merk Nokia tipe N. Dilihat sepintas, hasil jepretan itu tak menampakkan sesuatu yang aneh.
Tapi setelah dicermati, sosok mahluk halus ini rupanya ikut terekam. Foto itu dijepret di satu warung di desa setempat. Konon, kata Rahman, mengutipcerita Fahmi, daerah tersebut tergolong angker. Untuk picnya dapat di lihat di http://regional.kompas.com/read/2010/10/18/02083682/Hantu.Terekam.Kamera..Bupati.Merinding.

Sebuah kisah yang berbeda di antara ketinganya namun kalau di lebih di cermati kisah tersebut memiliki alur cerita yang saling berkaitan, Ryan yang berprilaku Gay dan dengan kekejamannya berakhir dengan menjadi sesosok Pria berhati lembut agar dapat berbakti kepada orang tuanya. Soeharto dengan segala kegelapanya yang hingga saat ini belum dapat terjamah oleh siapapun. Namun dengan segala kemistiriusanya Hantu menampakan diri dengan terbukanya sehingga semua oarang dapat menyaksikannya.

Ryan, Soeharto & Hantu sebuah kisah yang patut kita renungkan betapa semua dapat nampak jelas walau sebenarnya dari mahluk yang tercipta berbeda dengan manusia, namun sebuah kisah yang nyata-nyata terjadi namun hingga saat ini belum dapat menjadi kisah yang terang benerang.

 
Leave a comment

Posted by on 27 January 2011 in Seru

 

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: