RSS

Pria Feminin dan Gadis Tomboi

27 Jan

Apa yang ada di benak anda jika melihat seorang pria yang bertingkah laku feminin? Seorang bences mungkin. Mungkin itulah yang ada di benak kita semua jika kita melihat seorang pria yang memiliki perilaku feminine. Kita menganggap aneh, dan merasa itu bukan hal yang sepantasnya dilakukan. Lebih jauh kemudian , biasanya kita akan menjudge bahwa dia pastilah seorang yang memiliki kelainan seksual akibat perilakunya itu.

Namun saya melihat fenomena yang sebaliknya. Jika ada seorang wanita yang tomboy, kita tidak pernah menjudge bahwa dia juga memiliki kelainan seksual. Kita paling hanya geleng-geleng kepala melihat perilaku seperti itu. kita mungkin hanya berpikir, itu masalah perilaku, tidak pernah melihat masalah orientasi seksualnya. Sehingga penghakiman untuk gadis tomboy tidak terlalu besar. Bahkan orang mungkin malah tidak terlalu mempermasalahkan seorang gadis itu tomboy atau tidak.

Inilah yang menjadi masalah bagi saya. Saa melhat masyarakat tidak adil dalam menilai seseorang. Bayangkan saja, melihat seorang gadis tomboy yang kelaki-lakian, orang tidak mencap dia sebagai orang “sakit” yang suka sesame jenis, namun jika itu terjadi pada wanita laki-laki, maka orang lansung mencap dia sebagai seorang banci, seorang homo. Suatu judge yang sangat tidak adil.

Apakah ini berhubungan dengan system patriakhal di masyarakat umum, bahwa biar bagaimanapun, seorang pria haruslah menjadi apa yangs udah seharusnya, dan posisinya tidak boleh lebih rendah dari perempuan. Karena itu, seorang pria yang memiliki perilaku seperti wanita, itu berarti dia telah menurunkan derajatnya menjadi seperti wanita, sehingga tidak layak untuk dianggaps ebagai laki-laki, dan sangat pantas untuk dipertanyakan orientasi seksualnya.

Sementara itu, para aktivis perempuan atas nama keadilan jender berusaha untuk bisa setara dengan laki-laki, dalam segala hal mungkin. Karena itu, wanita berusaha untuk meniru apa yang dilakukan laki-laki, termasuk dalam hal-hal yang sangat berat yang memerlukan otot, sesuatu yang biasanya dilakukan oleh laki-laki. Jika perempuan sudah mampu menjadi sama seperti lakilaki, tidak dianggap lagi sebagai watrga kelas dua, maka itu dianggap sebagai sebuah kemenangan> karena itu, jika seorang gadis akhirnya berubah menjadi seorang gadis tomboy, tidak feminine, maka itu dibiarkan, bahkan dianggap sebagai sebuah kemjuan (mungkin lho), dan tidak akan ditanyakan orientasi seksualnya, karena dianggap sebagai sebuah perbedaan perilaku, yang bagi beberapa kalangan dianggap sebagai sebuah kemajuan bagi wanita itu sendiri (mungkin lho)

Yang menjadi pertanyaan saya, apakah itu benar-bernar relevan. Kita memang harus mengakui, seseorang , baik itu tomboy atau tidak, feminine atau tidak, ada kemungkinan untuk menjadi seorang homoseksual, namun bukan berarti seorang gay itu memiliki perilaku seperti itu> bahkan kadang banyak kita temui orang-orang yang berperilaku norma, dengan tuibuh atletis, memiliki cirri-ciri yang menunjukkan kejantanan namun ternyata seorang homoseksual, begitu juga banyak ditemukan wanita-wanita yang sangat feminine namun ternyata memiliki cirri menjadi seorang lesbian. Dalam artian perilaku secara fisik ternyata belum tentu mencerminkan orientasi seksualnya.

Masih banyak factor untuk bias menentukan seseorang itu homoseksual atau tidak. Bukankah wanita yang tomboy dan pria feminine itu akibat dari banyaknya hormone dari jenis kelamin yang lain? kIta semua tahu, setiap orang tanpa melihat jender, memiliki dua hormone testosterone dan androgen (benar tidak ya, intinya hormone pri a dan wanita) hanya saja, dengan kadar yang berbeda. Secara umum pasti hormon kejantanan lebih banyak pada pria begitu juga dengan sebaliknya. Namun kelebihan kadar hormon dari jenis kelamin yang berbeda membawa perilaku yang tampak berbeda pula> namun, yang menjadi masalah adalah, apakah perilaku ini berbanding lurus dengan penyimpangan seksual?

 
Leave a comment

Posted by on 27 January 2011 in Seru

 

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: