RSS

Jangan Mengorek Telinga Memakai ‘Cotton Buds’

27 Jan

Sudah menjadi suatu kebiasaan setiap habis mandi saya selalu membersihkan telinga dengan memakai ‘cotton buds’. Rasanya kalau tidak dibersihkan kok masih terasa gatal dan basah didalamnya.

Kemarin pagi, kebetulan saya membersihkan telinga dengan terburu-buru karena sudah kesiangan.. Dan apa yang terjadi? Tiba-tiba telinga kiri yang saya bersihkan berdengung seolah-olah ada angin masuk setelah itu tidak terdengar suara. Saya jadi panik. Saya korek lagi..tapi tidak ada perubahan. Lalu saya ke kamar mandi mengambil air.. Saya masukkan ke telinga saya. Beberapa kali saya lakukan hal serupa. Karena tidak ada perubahan, maka pagi itu saya langsung ke dokter THT.
Pada saat perjalanan menuju ke tempat praktek dokter, saya merasakan keseimbangan tubuh saya oleng. Dunia berputar, pusing dan nyeri disekitar leher..

Setelah tiba di dokter, telinga saya langsung diteropong, ternyata ada ‘mutiara’ kecil ‘ yang ‘nyelip’ alias masuk ke dalam lubang telinga yang terdalam sehingga menyumbat pendengaran(mungkin karena mengoreknya terlalu dalam).

Setelah ditindak, Pak dokter memberikan informasi mengenai perawatan telinga yaitu tidak dianjurkan mengorek telinga dengan ‘cotton buds’ , karena :

1. Bisa mengakibatkan kotoran yang sudah ada bertambah masuk lagi ke dalam karena terdorong kapas tersebut (ujung ‘cotton buds’ tumpul).

2. Apabila keseringan, maka dapat mengakibatkan kapas yang ada di ujung tangkai itu dapat tertinggal sedikit demi sedikit dan kemungkinan dapat menjadi kotoran.

3. Apabila mengoreknya terlalu dalam, dapat juga mengakibatkan pecahnya gendang telinga.

Itulah sebabnya Pak Dokter menyarankan :

1. Memakai penutup telinga kalau mandi (saya belum pernah melihat alat ini)

2. Minimal 3 bulan sekali membersihkan telinga di THT atau Puskesmas terdekat (biar lebih aman).

3. Apabila terpaksa, jangan membeli sembarangan ‘cotton buds’. Pilihlah ‘contton buds’ yang sudah mempunyai merk dagang yang patent (lihat dalam kemasannya).

Mudah-mudahan info di atas dapat membantu kompasioner agar mengurangi atau berhenti dari kebiasaan-kebiasaan mengorek telinga dengan ‘cotton buds’.

 
Leave a comment

Posted by on 27 January 2011 in Seru

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: