RSS

Gay, Lesbian, Banci adalah Pelanggaran…?

27 Jan

Menjadi seorang gay, lesbian, banci mungkin tidak diinginkan oleh setiap orang. Berbagai faktor dapat mengakibatkan seseorang mengalami kelainan tersebut antara lain trauma masa lalunya. Tetapi dimata MUI Jawa Timur mereka adalah manusia tidak baik yang dapat memberikan pengaruh buruk. Pernyataan MUI tersebut tentunya berbeda dengan hasil penelitian atau pengakuan para penderita kelainan sex tersebut. Mungkin dari pandangan agama, setiap orang harus sehat, sakit yang diderita oleh mereka karena tidak taat beribadah.

Konfrensi kaum penderita kelainan sexual tersebut yang rencananya diadakan di Surabaya akhirnya dibatalkan karena tidak mendapat izin dimana pihak kepolisian juga mendengar pandangan para Kiai jawa Timur tersebut dan adanya ancaman dari pihak yang tidak menghendaki manusia yang sakit tersebut berkonfrensi di Surabaya. Tuhan maha pengampun, maha pengasih, maha adil, dalam doa kita pun selalu memohon diampuni segala dosa kita. Tetapi manusia agaknya tidak seperti itu, percaya kepada Tuhan Maha Pengampun tetapi terhadap manusia yang mengalami kelainan prilaku sex tersebut tidaklah perlu diampuni karena dinilai akan membawa pengaruh buruk.

Yang menjadi pertanyaan, dimana kesalahan mereka sesungguhnya sebab kesalahan pada dasarnya dinilai dari sebuah tindakan yang disadarinya. Sedangkan mereka sesungguhnya tidak hendak bernasib seperti itu tetapi jiwanya yang mengalami goncangan menyebabkan kelainan yang dideritanya. Mereka harus menerima nasib dihukum sebelum diadili, dihukum sebagai manusia buruk dan tempatnya jangan di Indonesia. Mungkin mereka hidup lebih tenang dengan kelainanya atau mungkin mereka berkumpul untuk mencari jalan bagaimana caranya untuk kembali normal. Mungkin akan lebih baik para ulama memberi pemahaman agar mereka dapat sembuh dengan ikut sebagai pembicara, tetapi kesempatan itu ditutup dengan pandangan buruk.

Berbeda dengan pandangan Gus Sholahuddin Wahid yang tidak mempersoalkan adanya konfrensi tersebut yang sekaligus memberikan gambaran perbedaan pandang para Kiai di negeri ini. Perbedaan pandang dalam satu hal sesama umat muslim sering menimbulkan friksi bukan hanya di Indonesia saja. Di Irak misalnya kaum Sunni dan Shiah tak jarang saling bunuh yang menimbulkan korban dikedua belah dalam jumlah yang tak sedikit. Dibelahan dunia lain seperti di Kosovo, kaum islam mengalami kekerasan luar biasa dari bangsa Serbia. Demikian pula nasib bangsa Palestina yang islam harus menderita oleh bangsa Yahudi.

Sikap menjustifikasi itulah yang mungkin menyebabkan kaum islam saling bertikai dengan sesamanya atau dengan kaum non muslim seperti yang dialami bangsa palestina dan Bosnia. Demikian juga di India, wilayah kashmir yang mayoritas muslim itu tak pernah sepi dari kekerasan. Mungkin karena di Indonesia kaum islam adalah mayoritas tidak terjadi konflik karena yang lain mengalah. Tetapi tidak di Maluku dan Sulawesi tengah, konflik itu pecah karena terdapat perimbangan. Demikian juga dengan bangsa moro yang terus berkonflik dengan pemerintah filipina yang tentunya karena tidak menerima keberadaan pemerintah Filipina yang dikuasai kaum non muslim.

Hidup didalam dunia yang heterogen, tak enak pula rasa hati ini ketika kita berpergian ke Eropa atau ke Amerika setiap saat harus dicurigai sebagai pengacau hanya karena kita penganut muslim. My Name Is Khan, film itu mungkin merupakan refleksi pengalaman pribadi Sharuk Khan yang sempat di interogasi di Amerika hanya karena dia penganut muslim. Ajaran agama sesungguhnya merupakan benteng moral diri kita sendiri sebagai bekal dunia akhirat nanti namun kenyataannya sering menjadi sumber pertentangan. Ada suatu saat saya bertanya kepada orang Amerika tentang agamanya, jawaban yang kita terima “it`s not your business”, agama adalah urusan pribadi dan musuh mereka bukan islam tetapi teroris. Demikian juga target operasi Densus 88 adalah bukan islam tetapi teroris, menjadi teroris dengan dalih ajaran islam.

 
Leave a comment

Posted by on 27 January 2011 in Seru

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 57 other followers

%d bloggers like this: